Lihat Semua : videografis

Perkembangan Vaksin Merah Putih


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 540

indonesiabaik.id - Pengembangan vaksin Merah Putih sudah pada tahapan penelitian berskala laboratorium atau lab skill research dan tahapan faktor ekspresi.

Siap Diserahkan Bio Farma

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menyebut akan menyerahkan bibit vaksin Merah Putih ke PT Bio Farma. Batch pertama bibit vaksin akan diserahkan pada akhir Maret 2021. Hal ini penting dilakukan, karena bibit vaksin Merah Putih harus melalui uji pra-klinik serta uji klinik fase 1, 2, dan 3 sebelum digunakan.

Proses pengadaan vaksin hingga tahapan industrialnya tengah disiapkan demi terjaminnya produksi vaksin dalam jumlah besar.

Pengembangan Vaksin di Indonesia

Pemerintah mendukung penuh pengembangan vaksin oleh inovator dalam negeri seperti Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara. Untuk vaksin Merah Putih sendiri merupakan vaksin yang dikembangkan dari isolat virus COVID-19 yang bersirkulasi di Indonesia.

Dalam pengembangannya, Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya unsur kehati-hatian serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pengembangan yang dijalankan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku, terbuka, dan transparan, serta melibatkan banyak ahli.

"Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik." tegas Presiden.



Videografis Terkait