Lihat Semua : videografis

PMI Manufaktur Indonesia Tembus Rekor Tertinggi di ASEAN


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 95

indonesiabaik.id - IHS Markit merilis tingkat ekspansi di sektor manufaktur Indonesia mencapai rekor baru pada Mei 2021.

Mulai Bangkit

Rekor baru ini tercermin dari catatan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang menembus level 55,3 pada bulan Mei. Angka itu naik signifikan dibanding bulan April yang berada di posisi 54,6. Angka PMI di atas angka 50 mencerminkan sektor industri sedang ekspansi.

Menurut IHS Markit, PMI Manufaktur Indonesia di  posisi  55,3  pada Mei 2021 itu merupakan tertinggi selama tiga bulan berturut-turut. Hal ini juga menandakan kondisi bisnis telah menguat dalam tujuh bulan belakangan.

Ekspansi itu ditandai dengan permintaan baru, output, dan pembelian yang naik pada tingkat yang belum pernah terjadi selama 10 tahun sejarah survei. Bahkan, aspek ketenagakerjaan kembali tumbuh setelah 14 bulan untuk memenuhi kebutuhan kapasitas operasional yang semakin meningkat. Terjadinya peningkatan PMI manufaktur Indonesia menandakan bahwa sektor industri sudah mulai bangkit, yang akan mendorong laju roda ekonomi nasional dalam kondisi pulih.

Ungguli ASEAN dan Korea

PMI manufaktur Indonesia pada Mei ini berada di atas PMI manufaktur ASEAN yang berada di level 51,8. Di tingkat regional, PMI manufaktur Indonesia mengungguli PMI manufaktur Vietnam (53,1), Malaysia (51,3), Singapura (51,7), Filipina (49,9), dan Thailand (47,8). Bahkan, PMI manufaktur Indonesia juga memimpin dibanding PMI manufaktur Korea Selatan (53,7), Jepang (53,0), China (52,0), dan India (50,8).



Videografis Terkait