Lihat Semua : videografis

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 740

indonesiabaik.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat diperpanjang selama 2 minggu dari 26 Januari sampai dengan 8 Februari 2021.

Perpanjangan Masa PPKM

Pemberlakuan kebijakan ini dipertimbangkan atas hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan PPKM periode 11-25 Januari 2021. Hasil evaluasi menunjukkan masih ada peningkatan di 5 provinsi dari 7 provinsi yang menerapkan PPKM, yakni  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Sementara yang mengalami penurunan hanya Banten dan Yogyakarta.

Daerah Risiko Tinggi Masih Banyak

Evaluasi menunjukkan, dari 73 kabupaten/kota yang telah menerapkan PPKM, 29 kabupaten/kota masih berada di zona risiko tinggi, 41 kabupaten/kota zona risiko sedang, sementara 3 kabupaten/kota lainnya zona risiko rendah.

Kasus Mingguan Masih Tinggi

Tak hanya itu, masih terjadi peningkatan kasus mingguan di 52 kabupaten/kota, sementara 21 lainnya mengalami menurun. Untuk kasus aktif, masih terdapat peningkatan di 46 kabupaten/kota, di 3 kabupaten/kota tetap, dan 24 kabupaten/kota lainnya menurun.

Angka Kematian Masih Tinggi

Dari 73 kabupaten/kota, 44 kabupaten/kota di antaranya masih mengalami kenaikan angka kematian, 29 kabupaten/kota lainnya alami penurunan.

Kepala Daerah Perlu Evaluasi

Dengan diperpanjangnya kebijakan ini, Pemerintah pusat meminta kepada masing-masing kepala daerah tingkat provinsi, untuk dapat mengevaluasi PPKM yang telah dilaksanakan berdasarkan pada parameter yang telah ditetapkan, yaitu tingkat kesembuhan yang di bawah nasional, tingkat kematian di atas nasional, positivity rate di atas nasional, dan Bed Occupancy Rate (BOR) ICU dan ruang isolasi di atas nasional.

Adapun beberapa aturan PPKM ada yang mengalami perubahan, lebih lanjut akan dikeluarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).



Videografis Terkait