Lihat Semua : videografis

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Diluncurkan


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 1.756

indonesiabaik.id - Sebagai wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program Pertukaran Mahasiswa Merdeka diluncurkan.

Bagian Kampus Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan satu dari delapan aktivitas Kampus Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan format berbeda dari tahun sebelumnya dengan target 20.000 mahasiswa melalui dukungan penuh dari Lembaga Pengelola dana Pendidikan (LPDP).

Program ini memungkinkan pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN maupun PTS pada semester Ganjil tahun akademik 2021/2022.

Tujuan Pertukaran Mahasiswa

Mahasiwa akan berkesempatan memilih perguruan tinggi di luar pulau. Tujuannya agar dapat membangunkan rasa toleransi antar kalangan mahasiswa yang terbentuk lewat pertukaran mahasiswa dan eksplorasi keberagaman budaya nusantara. Eksplorasi keberagaman itu dilakukan melalui pembelajaran Modul Nusantara, dengan 4 jenis kegiatan utama.

Pembelajaran Modul Nusantara

Dalam Modul Nusantara terdapat empat jenis kegiatan utama, di antaranya:

  • Pertama, Kegiatan Kebinekaan di mana mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan eksplorasi keragaman di daerah perguruan tinggi penerima.
  • Kedua, Kegiatan Inspirasi di mana mahasiswa berdiskusi dengan figur-figur inspiratif daerah.
  • Ketiga, Kegiatan Refleksi di mana mahasiswa merefleksikan pengalaman kegiatan kebinekaan dan inspirasi.
  • Keempat, Kegiatan Kontribusi Sosial di mana mahasiswa melaksanakan kegiatan sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat di daerah perguruan tinggi penerima.


Videografis Terkait