Lihat Semua : videografis

Rupiah Digital Segera Hadir


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 598

indonesiabaik.id - Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan mata uang rupiah digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC).

Latar Belakang Penerbitan Rupiah Digital

Menurut Bank Indonesia (BI), penerbitan mata uang rupiah digital ini lantaran maraknya aset kripto yang digunakan sebagai efisiensi sistem keuangan di era digitalisasi seperti sekarang.

Guna mengatasi risiko terhadap stabilitas dari aset kripto tersebut, dibutuhkan kerangka regulasi untuk mengatasinya. Selain itu, keberadaan aset kripto juga melatarbelakngi bank sentral dalam menjajaki desain dan penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau mata uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral.

Lebih jauh, mayoritas bank sentral dunia telah mulai melakukan tahapan riset dan percobaan sesuai dengan karakteristik negaranya masing-masing. Selain itu, dukungan dan masukan industri juga merupakan masukan penting bagi bank sentral dalam merencanakan desain CBDC.

Persiapan Menuju Penerbitan

Dengan inovasi ini, kedepannya rupiah digital yang diterbitkan oleh bank sentral bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah sama seperti rupiah dalam bentuk kertas.

Dalam hal ini, Bank Indonesia (BI) tengah mempersiapkan tiga aspek dalam penerbitan digital rupiah, dari desain hingga teknologinya.

  1. Desain CBDC yang tidak mengganggu stabilitas moneter dan sistem keuangan
  2. Desain CBDC yang 3i (Integrated, interconnected, and Interoperable) dengan infrastruktur FMI-Sistem Pembayaran
  3. Pentingnya teknologi yang digunakan pada tahap eksperimen untuk memahami bagaimana CBDC dapat diimplementasikan (DLT-Blockchain dan non-DLT).


Videografis Terkait