Lihat Semua : videografis

Rutan Militer Tercanggih Bersistem Artificial Intelligence (AI)


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.952

indonesiabaik.id - Pertama di Indonesia, telah hadir instalasi smart tercanggih rumah tahanan militer berbasis "information communication technology" (ICT).

Rutan Tercanggih Diresmikan

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan instalasi tahanan militer berbasis ICT yang terletak di Markas Polisi Milter Kodam Jayakarta, pada Selasa (20/4).

Rutan canggih yang menghabiskan anggaran sekitar Rp100 miliar itu diklaim sangat aman dan sangat terkendali karena semuanya sudah diprogram.

Dilengkapi Sistem Artificial Intelegent (AI)

Fasilitas rutan yang ada di tahanan ini dikendalikan otomatis dengan perangkat elektronik mulai dari penguncian sel hingga menyalakan atau mematikan lampu.

Yang lebih canggihnya lagi, fasilitas ini juga telah dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan untuk memantau gerak gerik para tahanan, sehingga lebih nyaman dan manusiawi. Bahkan, diklaim minim terjadi praktik persekusi dan kekerasan.

Kapasitas Ruang Tahanan

Komandan Polisi Militer Kodam Jaya Kolonel Cpm A.S. Yogaswara memaparkan, di rutan tersebut terdapat 37 ruangan tahanan dengan kapasitas 78 orang. Adapun ruangan sel terbagi menjadi empat golongan yang disesuaikan dengan pangkat.

Terdapat 92 kamera dengan sistem AI yang ditanamkan di instalasi tahanan dan terdiri dari beberapa kamera yang mampu mendeteksi pemanjatan hingga perkelahian. Jika tahanan terdeteksi, maka akan memicu alarm di Command Center.



Videografis Terkait