Lihat Semua : videografis

Siaga Banjir di Puncak Musim Hujan


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 647

indonesiabaik.id - Peringatan daerah berstatus siaga banjir ditujukan kepada lima provinsi di Pulau Jawa, kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak Sabtu (6/2/2021).

Provinsi dengan Status Siaga Banjir

Adapun kelima provinsi yang berstatus siaga banjir itu yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sementara 20 provinsi lainnya di luar Pulau Jawa berstatus waspada.

Februari 2021 Puncak Musim Hujan

Peringatan ini bertepatan dengan perkiraan puncak musim hujan 2020/2021 yang diprediksikan sebagian besar wilayah terjadi pada bulan Januari - Februari 2021, bahkan masih mungkin terjadi pula hingga bulan Maret 2021 nanti.

Puncak musim hujan memungkinkan terjadinya hujan dengan frekuensi lebat dan menunjukkan kecenderungan tren meningkat di banyak wilayah. Hal ini berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometerorolgi yang bisa mengakibatkan kerusakan fisik, pengungsian dan korban jiwa.

Tingkatkan Kewaspadaan

Data BNPB per (08/02) sejak awal Februari 2021 telah terjadi sebanyak 66 kejadian dengan rincian banjir 40 kali, angin puting beliung 12, tanah longsor 10, kebakaran hutan dan lahan 2, gelombang pasang dan abrasi 1, gempa bumi 1.

BNPB dan BMKG terus mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan di bulan ini mengingat prakiraan puncak musim hujan. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk pencegahan, seperti persediaan air minum, makanan ringan, hingga obat-obatan.



Videografis Terkait