Lihat Semua : videografis

Siapa Calon Panglima TNI Selanjutnya?


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 1.146

indonesiabaik.id - Masa dinas keprajuritan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan segera berakhir, seiring usia beliau genap 58 tahun pada 21 Desember 2022.

Calon Tunggal Panglima TNI

Presiden RI Joko Widodo telah mengajukan calon tunggal Panglima TNI kepada DPR RI untuk mendapatkan persetujuan. Calon tunggal tersebut selanjutnya akan menjalani proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

Berdasarkan Surat Presiden yang disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR 28 November 2022 lalu, Presiden mengajukan calon tunggal yakni Laksamana TNI Yudo Margono

Sebelum menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Yudo sempat mengemban beberapa jabatan penting dalam dunia militer, mulai dari jabatan asisten perwira hingga menjadi calon panglima. Lelaki kelahiran 1965 ini telah memperoleh bintang jasa dan beberapa tanda kemahiran atas kariernya dalam dunia militer.

Pengajuan Berdasarkan Rotasi Matra

Presiden Joko Widodo menyebut, pengajuan Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai KSAL adalah rotasi matra.

Seperti diketahui, sebelumnya jabatan Panglima TNI diisi oleh Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari TNI Angkatan Darat dan sebelumnya lagi oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berasal dari TNI Angkatan Udara.

Sepanjang kepresidenan Joko Widodo hingga saat ini, tongkat komando Panglima TNI pernah dipegang satu perwira bintang empat dari TNI AU dan tiga bintang empat dari TNI AD. Urutannya antara lain Jenderal TNI AD Moeldoko, Jenderal TNI AD Gatot Nurmantyo, Marsekal TNI AU Hadi Tjahjanto, dan terakhir Jenderal TNI AD Andika Perkasa.



Videografis Terkait