Lihat Semua : videografis

Sistem Kesehatan Dunia Harus Diperkuat


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 328

indonesiabaik.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut, perlu solusi permanen, agar dunia mampu menghadapi permasalahan kesehatan yang tidak terduga, seperti krisis COVID-19 misalnya.

 

Perlu Solusi Permanen

Krisis COVID-19 telah memporak-porandakan rapuhnya ketahanan kesehatan global.

Melihat kolaborasi yang tengah dijalankan saat ini, seperti misalnya Covax Facility, diklaim merupakan solusi sesaat. Selain itu, peran Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga belum mencakup banyak hal strategis bagi kehidupan dunia. Oleh karenanya, Presiden Jokowi mendorong adanya solusi permanen dari permasalahan tersebut

Untuk mewujudkan hal itu, pada forum kelas internasional sekelas Presidensi G20, salah satu fokus yang akan digaungkan ialah mendorong penguatan arsitektur sistem ketahanan kesehatan dunia yang dijalankan oleh sebuah badan dunia seperti Dana Moneter Internasional atau IMF di sektor keuangan. 

Badan tersebut akan bertugas untuk menggalang sumber daya kesehatan dunia, antara lain untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia, pembelian vaksin, pembelian obat-obatan, pembelian alat kesehatan.



Videografis Terkait