Lihat Semua : videografis

Skema Bantuan Gempa Cianjur


Dipublikasikan pada 9 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 208

indonesiabaik.id - Pemerintah akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang rumah atau tempat tinggalnya terdampak musibah bencana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Dua Skema Bantuan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan, pemerintah akan menyiapkan dua skema bantuan rumah untuk korban gempa bumi Cianjur. Hal itu disampaikannya saat konferensi pers, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, skema pertama adalah pemerintah bisa membangun rumah hunian sementara. Kedua, masyarakat yang terdampak bisa diberikan bantuan berupa dana tunggu hunian. Dana tunggu hunian ini bisa digunakan masyarakat untuk biaya sewa rumah sambil menunggu hunian baru selesai dibangun pemerintah.

Besaran Dana Bantuan

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah nantinya sesuai dengan kondisi rumah yang terdampak musibah gempa. Ada tiga kategori kerusakan yang nantinya akan diberikan pada masyarakat terdampak yakni rusak berat, rusak sedang, hingga rusak ringan. Rumah dengan kondisi rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta, rumah dengan kondisi rusak sedang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp25 juta, dan rumah dengan kondisi rusak ringan akan diberikan bantuan sebesar Rp10 juta.

Pada saat masyarakat memperoleh bantuan dari pemerintah tersebut nantinya, masyarakat diwajibkan memakai standar rumah antigempa yang direkomendasikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).



Videografis Terkait