Lihat Semua : videografis

Sumbu Filosofi Jogja Resmi Jadi Warisan Budaya Dunia


Dipublikasikan pada 7 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 1.027

Unesco menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai salah satu warisan budaya dunia. Penetapan itu dilaksanakan pada sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Commite di Riyadh Arab Saudi, pada 18 September lalu.

Properti Indonesia yang ditetapkan sebagai Warisan dunia itu ada 10, bergabung dengan 1.199 properti lainnya dari 170 Negara. Proses pengajuan ditetapkannya Sumbu Filosofi jadi warisan dunia itu dilakukan selama 3 tahun terakhir.

Penetapan ini juga sesuai pada pemenuhan kriteria UNESCO, Sumbu Filosofi Yogyakarta tercatat dengan nama “The Cosmological Axis of Yogyakarta and Its Historic Landmarks”.

Penetapan ini bisa jadi pembelajaran bersama karena nilai-nilai universal yang diperlukan untuk ciptakan dunia baru yang lebih baik di masa depan.

Selain itu, penetapan ini merupakan penghargaan dunia yang luar biasa untuk keberadaan nilai-nilai budaya adiluhung Yogyakarta. Sebagai nilai keistimewaan, identitas dan jati diri Yogyakarta.



Videografis Terkait