Lihat Semua : videografis

Tol Layang Jakarta-Cikampek Ganti Nama


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Adrian /   View : 780

indonesiabaik.id - Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ) kini menjadi nama baru dari pergantian nama Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Elevated.

Jalan Layang MBZ

Melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 417 KPTSM tanggal 8 April 2021 lalu, Jalan Tol Jakarta Cikampek II (Elevated) kini resmi ditetapkan menjadi Jalan Layang MBZ.

Peresmian penamaan jalan layang sepanjang 36,4 kilometer ini dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Senin (12/4/2021).

MBZ sendiri merupakan nama pangeran mahkota Abu Dhabi yang berkuasa di Uni Emirat Arab (UEA), dan sebagai wakil panglima tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Bentuk Penghormatan

Pemberian nama Jalan Layang MBZ, dikatakan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam sambutannya, adalah sebagai bentuk penghormatan bagi UEA yang telah menjalin hubungan diplomatik di bidang sosial, budaya, dan ekonomi selama 45 tahun dengan Indonesia.

Bahkan, UEA merupakan salah satu negara dengan investasi terbesar di Indonesia khususnya di bidang infrastruktur. Di samping itu, nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga telah diabadikan sebagai nama salah satu jalan strategis di Abu Dhabi.

Kerja sama Indonesia-UEA

Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid Aldaheri menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia.

Melihat jalinan kerja sama antara Indonesia dan UEA yang kini mulai menuju perubahan. Dari awalnya kerja sama konvensional di bidang minyak, gas, dan pelabuhan menuju kerja sama di bidang baru seperti pendidikan, kesehatan, investasi, agrikultur, ritel, dan sebagainya.



Videografis Terkait