Lihat Semua : videografis

TV Digital Ciptakan Banyak Manfaat


Dipublikasikan pada 14 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 80

indonesiabaik.id - Banyak negara di dunia sudah beralih ke TV digital, untuk itu Indonesia juga perlu secepatnya migrasi ke TV analog.

Urgensi Migrasi ke TV Digital

Dalam UU menyebutkan, tenggat waktu untuk bermigrasi ke TV digital paling lambat dua tahun. Artinya, seluruh siaran televisi harus sudah dipancarkan dengan modulasi digital pada November 2022.

Indonesia sebenarnya telah tertinggal dalam penerapan teknologi siaran digital. Berdasar kesepakatan International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa pada 2006, batas akhir dihentikannya siaran analog (analog switch off/ASO) kemudian penyiaran digital dilaksanakan sepenuhnya oleh seluruh negara anggota ITU adalah 17 Juni 2015.

Keuntungan Migrasi ke TV Digital

Migrasi siaran televisi analog ke digital ayau disebut Analog switch off bisa menghemat pita frekuensi hingga 112MHz. Ketersediaan frekuensi setelah migrasi siaran dari televisi analog ke digital juga akan berdampak pada persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia. Masyarakat bisa mendapatkan jaringan internet yang sangat cepat dengan 5G.

Melalui TV digital, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih.Tak hanya itu saja, pilihan saluran televisi yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak. Masyarakat bisa menikmati manfaat tersebut secara gratis, karena proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap tidak berbayar (free to air/FTA).

Kelebihan TV Digital

Beberapa kelebihan siaran televisi digital, menurut Oktariza dkk (2015), adalah:

  • Kualitas siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan (interferensi, suara dan/atau gambar rusak, berbayang, dsb).
  • Memungkinkan siaran dengan resolusi HDTV secara lebih efisien.
  • Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien.
  • Kemampuan transmisi audio, video, serta data sekaligus.



Videografis Terkait