Lihat Semua : videografis

Vaksin COVID-19 Dosis Ketiga untuk Nakes


Dipublikasikan pada 13 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 165

indonesiabaik.id - Akhirnya, sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat tiba di Indonesia, lewat Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (11/7).

Vaksinasi Dosis Ketiga Tenaga Kesehatan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin Moderna ini akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster. Rencananya, selain digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, secara khusus akan digunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia.

Tenaga kesehatan, imbuhnya, mengalami tekanan yang luar biasa, terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga Pemerintah dalam hal ini ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal.

Vaksin Moderna, sama juga seperti vaksin mRNA, lainnya merupakan vaksin dengan efikasi yang tinggi yang sudah terbukti cukup ampuh digunakan di Amerika Serikat untuk bisa menekan laju penularan COVID-19.

Kesetaraan Vaksin

Indonesia secara konsisten mendukung mekanisme berbagi dosis tersebut untuk mempercepat pencapaian prinsip kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Dengan ketibaan vaksin Moderna hari ini, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin baik berupa vaksin curah maupun vaksin jadi.

Adapun Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis yang akan dikirim bertahap. Mekanisme dosis sharing atau berbagi dosis vaksin adalah bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara.



Videografis Terkait