Lihat Semua : videografis

Vaksin COVID-19 Efektif Tangkal Mutasi B117


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 649

indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, dr Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid menegaskan bahwa vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan masih efektif menangkal mutasi virus COVID-19 B117.

B117 Cepat Menular

Munculnya mutasi B117 COVID-19 telah membuat kekhawatiran publik, apalagi penelitian di negara lain menunjukkan bahwa mutasi B117 disebutkan lebih cepat menular, namun tidak lebih mematikan.

dr Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan bahwa hingga saat ini, WHO belum mendapatkan laporan bahwa mutasi COVID-19 lebih tinggi tingkat keganasannya.

"Hingga saat ini belum ada penelitian ataupun bukti ilmiah yang menunjukkan vaksin yang telah diproduksi dan yang telah digunakan di berbagai belahan dunia tidak bisa melindungi kita dari virus varian baru ini," kata Nadia.

Kasus B117 di Indonesia

Terkait penemuan kasus konfirmasi mutasi virus COVID-19 B117 di Indonesia sebanyak 4 kasus yang telah mengalami penambahan kasus itu kini dalam keadaan sembuh dan tidak ada yang diindikasikan mengalami gejala berat. Sementara itu, hasil pelacakan kasus terhadap kontak erat dan keluarga dinyatakan tidak ada yang memiliki gejala COVID-19.

Keempat kasus itu didapatkan dari hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing oleh Badan Litbang Kesehatan Bersama dengan 16 laboratorium lainnya di Indonesia.



Videografis Terkait