Lihat Semua : videografis

Vaksin Merah Putih Siap Digunakan Awal 2022


Dipublikasikan pada 17 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 103

indonesiabaik.id - Kabar baik! Vaksin merah putih ditargetkan siap digunakan pada awal tahun 2022.

Siap Digunakan Awal 2022

Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Fedik Abdul Rantam menyatakan vaksin siap digunakan pada awal tahun 2022 setelah memperoleh hasil bagus saat uji praklinik tahap satu.

Adapun hasil ini dilihat dari perkembangan dengan titer antibodi yang trennya baik, dan pemeriksaan masih berlangsung hingga saat ini. Pemeriksaan itu meliputi immunotyping, ginjal, hematologi, toksisiti, dan pemeriksaan darah total. Hasil pemeriksaan tersebut dijadikan dasar untuk melakukan uji praklinik fase dua.

Persiapan Uji Praklinik Fase 2

Saat ini pihak Unair bersama tim tengah menyiapkan uji praklinik fase dua, termasuk makaka sebagai hewan uji coba. Sesuai rancangan yang sudah berjalan, pada Agustus mendatang akan dimulai uji klinik fase satu pada manusia.

"Harapannya, pada Desember 2021 atau paling lama Maret 2022, vaksin Merah Putih Unair sudah masuk skema industri," tegas Prof. Fedik.

Prof. Fedik berharap bahwa penelitian ini sesuai dengan harapan pemerintah dan juga masyarakat Indonesia, yakni, pengembangan vaksin mandiri agar pemerintah dapat mengatasi virus COVID-19 secara mandiri pula.



Videografis Terkait