Lihat Semua : videografis

Vaksin Tidak Sebabkan Varian Baru


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 560

indonesiabaik.id - Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa informasi yang menyatakan vaksin bisa menyebabkan munculnya varian baru virus corona merupakan kabar bohong atau hoaks. Selasa (3/8/2021).

Tidak Sebabkan Mutasi

Dijelaskan Wiku, seperti yang disebutkan Organisasi kesehatan dunia (WHO), bahwa vaksinasi tidak dapat menyebabkan virus corona bermutasi menjadi varian baru.

Wiku memaparkan bahwa mutasi terjadi ketika virus memperbanyak diri pada inang hidup. Sementara itu, pada vaksin, virus yang digunakan adalah virus yang sudah dimatikan, tidak utuh dan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak mampu memperbanyak diri dalam tubuh. 

Bijak Memilah Informasi

Tak hanya itu, Wiku juga membantah pernyataan seorang ahli biologi Luc Montagnier yang menyatakan bahwa semua orang yang divaksinasi akan meninggal dunia dalam dua tahun.

Wiku menyebut, pernyataan Luc Montagnier yang menyatakan semua orang yang divaksinasi akan mati dalam dua tahun adalah tidak benar. Kutipan itu secara keliru dikaitkan dalam meme berita palsu yang telah beredar secara luas. Terkait dengan berbagai hoaks seputar COVID-19, masyarakat diminta untuk dapat selektif dan bijak dalam memilih dan mengabarkan informasi.



Videografis Terkait