Lihat Semua : videografis

Vaksinasi Tenaga Kesehatan Berusia Lanjut


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 485

indonesiabaik.id - Pelaksanaan vaksinasi perdana bagi tenaga kesehatan berusia 60 tahun ke atas telah dimulai.

Vaksinasi Perdana bagi Lansia

RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo menggelar vaksinasi COVID-19 perdana bagi 15 dokter lansia pada Senin, (8/2). Penerima vaksin perdana bagi lansia itu merupakan para guru besar yang merupakan tenaga pendidik pelayanan spesialis

Tak hanya di RSCM, di hari yang sama vaksinasi juga dilakukan Puskesmas Kramat Jati kepada 19 tenaga kesehatan di puskesmas tersebut.

Vaksinasi Berjalan Lancar

Dari pemberian vaksin di dua tempat tersebut, tidak ada efek samping yang signifikan terjadi pada peserta vaksinasi Lansia sejak setelah vaksinasi hingga selesai observasi selama 30 menit.

Prosedur pemberian vaksinasi sama seperti kepada usia lainnya, melalui tahapan skrining awal yang ketat hingga menuju penyuntikan. Yang membedakan hanya jeda pemberian dosis kedua, yaitu akan diberikan 28 hari setelah penyuntikan pertama.

Lansia Kelompok Prioritas

Petugas kesehatan berusia lanjut menjadi prioritas karena selain rawan terpapar COVID-19, mereka juga berusia rentan. Lansia menjadi kelompok yang memiliki angka kematian dan jumlah kasus COVID-19 yang sangat tinggi. Ditargetkan 11.600 orang tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun akan divaksinasi secara bertahap.

Vaksinasi bagi lansia tidak asal dilaksanakan, namun sudah melalui izin resmi BPOM yaitu izin persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sinovac untuk usia 60 tahun ke atas. Pemberian izin itu sudah melalui proses dan data yang dipertimbangkan melalui uji klinis vaksin Sinovac ketiga di negara-negara di luar Indonesia.



Videografis Terkait