Lihat Semua : videografis

Wanita jadi TNI Angkatan Laut?


Dipublikasikan pada 20 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 274

Indonesiabaik.id - Dulu saat merdeka, Indonesia tidak tiba-tiba utuh seperti yang terlihat di peta sekarang. Salah satunya wilayah Irian Barat atau Papua, baru secara resmi diserahkan PBB ke pemerintah Indonesia pada 1 Mei 1963. Penyerahan ini ditandai dengan upacara penaikan bendera merah putih dan penurunan Bendera PBB di Jayapura. Sejak saat itu, wilayah NKRI lengkap sesuai hasil dari Konferensi Meja Bundar 1949.

Inilah momen pertama wanita ditugaskan sebagai Kowal. Ialah Letnan Dra. Lousie Elisabeth Coldenhoff dan menjadi salah satu dari 12 orang Perwira Inti KOWAL.

Nah, untuk menghargai peran wanita-wanita hebat ini ditetapkanlah Hari KOWAL pada 5 Januari 1963 bertepatan dengan saat Dra. Lousie dilantik oleh Menteri/KSAL Laksamana R.E. Martadinata sebagai perwira inti KOWAL. Itulah sejarahnya kenapa 5 Januari ditetapkan sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut di Kemiliteran Indonesia.

Wah hebat juga ya Letnan Louise dan rekannya, menurut SohIB siapa lagi wanita hebat di militer Indonesia?



Videografis Terkait