Lihat Semua : videografis

Waspada, Curah Hujan Tinggi 3 Bulan ke Depan


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 1.125

indonesiabaik.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa musim hujan dengan intensitas tinggi selama 3 bulan ke depan akan melanda Tanah Air.

Musim Hujan 2021/2022

BMKG memaparkan, prakiraan Musim Hujan 2021/2022 pada 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diprakirakan mengalami Awal Musim Hujan 2021/2022 pada kisaran bulan Oktober dan November 2021 sebanyak 232 ZOM atau 67,8% dari 342 ZOM.

Senada dengan itu, pada Jumat, (3/9), Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Kedeputian Klimatologi BMKG Dodo Gunawan menjelaskan bahwa pada bulan September hingga Oktober 2021, intensitas hujan secara nasional berada di kategori rendah-menengah, dan mencapai puncaknya secara nasional di bulan November dengan kategori menengah tinggi atau sebesar 87,7%. Sementara itu, pada Desember 2021, seluruh wilayah Indonesia diperkirakan sudah masuk musim hujan 2021 secara penuh.

Beberapa provinsi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami kekeringan meteorologis pada klasifikasi awas hingga waspada untuk dua dasarian ke depan.

Waspada Peralihan Musim

Memasuki masa peralihan dari Musim Kemarau ke Musim Hujan, masyarakat dihimbau dapat lebih mewaspadai kejadian cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat dengan periode singkat, dan angin puting beliung. Untuk itu, masyarakat diharapkan terus memantau perkembangan iklim dan cuaca terkini melalui berbagai macam kanal informasi resmi dari BMKG



Videografis Terkait