Lihat Semua : videopendek

Siap Hadapi Bencana dengan Tas Siaga Bencana


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nurhalimah Syafira / Desain : Randita Amalia /   View : 115

indonesiabaik.id - Bencana bisa datang kapan saja, dimana saja, dan dapat menimpa siapa saja. Untuk itu kita harus siap dan siaga menghadapinya, salah satunya dengan mempersiapkan tas siaga bencana.

Tas Siaga Bencana

Tas siaga bencana atau Emergency Preparedness Kit, merupakan tas khusus yang dipersiapkan untuk dibawa saat bencana melanda. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, kebutuhan dasar minimum yang direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam tas siaga bencana seperti:

  1. Dokumen penting: Fotocopy KK, Tanda pengenal, Polis asuransi, Buku tabungan, Surat atau sertifikat berharga.

  2. Perbekalan: Air minum kemasan, Makanan siap saji, Pakaian ganti, Senter, serta kotak P3k.

Kemudian, setelah semua dokumen atau barang-barang penting sudah rapihkan, lalu masukkan semuanya ke dalam plastik kedap air. 

SohIB perlu tau nih, tas siaga bencana ini juga mampu menampung kebutuhan atau peralatan penunjang hidup untuk 72 jam (tiga hari pertama) bencana sambil menunggu bantuan dari tim penolong, loh. Dan untuk barang-barang penting lainnya seperti uang tunai, ponsel dengan charger serta powerbank jangan lupa untuk dibawa ya.