Air Bersih untuk Semarang

Mohammad Iqbal Romadhoni , Anggar Septiadi

2 years ago


Indonesiabaik.id - Krisis air bersih merupakan salah satu tekanan yang dihadapi kota Semarang. Sebanyak 80% dari kebutuhan air bersih di kota ini diperoleh dengan memanfaatkan air tanah. Tindakan ini menyebabkan semakin lama air tanah semakin menyusut sehingga air di sana semakin payau dan kadar garamnya meningkat.

Kondisi ini tidak bisa dibiarkan  berlarut-larut karena dapat mengakibatkan amblesan tanah, longsor, banjir, rob, dan intrusi air laut. Jika itu terjadi maka kecepatan amblesan di sini (pesisir) akan menjadi yang tertinggi dibanding daerah lain di kota Semarang (karena rongga antar pori-pori tanah yang semula diisi oleh air akan kosong).

Untuk itu pemerintah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang yang masuk dalam proyek prioritas nasional. SPAM Semarang akan mengandalkan air dari Bendungan Jatibarang di Tegal yang akan menyuplai Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan, dan Tugu.

Dengan nilai investasi Rp 900 miliar, direncanakan proyek ini sudah bisa dioperasikan pada Desember 2018. Jika sudah berdiri, SPAM Semarang akan bisa mengaliri air bersih di 31 kelurahan, 3 kecamatan, dan 60 ribu keluarga.



    Tag :
  • Semarang
  • Air Bersih
  • Krisis Air
  • SPAM

Motion Grafis Terkait