Lihat Semua : videografis

Indonesia Makin Melek Literasi Digital

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 156

Indonesiabaik.id   -   Survei Global World Digital Competitiveness Index oleh Institute Management Development (IMD) menunjukkan peringkat literasi digital Indonesia meningkat. 

Literasi Digital Indonesia

Indonesia saat ini menempati peringkat ke-56 dari 63 negara yang dilakukan survei. Hal ini memang sedikit terbelakang, namun jika dilihat dari ITU (International Telecommunication Union), Indonesia berada di perangkat 111 dari sebelumnya peringkat 115.

Dalam hal ini, Pemerintah terus memperkuat gerakan-gerakan literasi di Indonesia agar dapat mengejar dan mendekati negara-negara tetangga. Sebab, literasi digital merupakan basic digital skill ketika masyarakat Indonesia ingin mengetahui dan ingin meningkatkan kecakapannya untuk menggunakan ruang digital. 

Indeks digital Indonesia

Tidak hanya peningkatan peringkat literasi digital, namun dalam Survei Literasi Digital Nasional 2020 juga menunjukkan indeks literasi digital di seluruh provinsi di Indonesia sudah berada di atas rata-rata level sedang.

Subindeks 1 Informasi dan Literasi Data sebesar 3,17; Subindeks 2 Komunikasi dan Kolaborasi sebesar 3,38; Subindeks 3 Keamanan sebesar 3,66; subindeks 4 Kemampuan Teknologi sebesar 3,66.

Tantangan Besar Indonesia

Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam literasi digital di Indonesia yaitu tersedianya ruang digital yang semakin intensif dipakai oleh masyarakat Indonesia. 

Mengutip hasil Survei APJII, terdapat 196,71 juta pengguna internet di Indonesia atau 73,7% dari total penduduk. Hal ini menunjukkan ada lompatan pengguna internet dan media sosial di Indonesia. Artinya, Indonesia semakin intensif menggunakan ruang digital yang ada.



Videografis Terkait