Lihat Semua : infografis
Bentuk Ujian Nasional dari Masa ke Masa
Dipublikasikan pada 7 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Muhammad Mulyadi / View : 331 |
Indonesiabaik.id — Sejak merdeka, Indonesia telah mengalami beberapa kali perombakan dunia pendidikan, salah satunya bentuk ujian nasional. Berikut perjalanannya dari masa ke masa.
-
Ujian Penghabisan (1950-1964)
Merupakan bentuk awal dari ujian nasional yang dilakukan setelah siswa menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu sebagai syarat kelulusan. Bentuk soal berupa uraian atau esai dengan hasil ujian diperiksa di pusat rayon.
-
Ujian Negara (1965-1971)
Merupakan evaluasi hasil belajar siswa sebagai syarat nilai kelulusan. Adapun siswa yang lulus dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah negeri/perguruan tinggi negeri. Kala itu, nilai 6 menjadi batas kelulusan.
-
Ujian Sekolah (1972-1979)
Ujian ini memiliki tujuan untuk menentukan apakah peserta didik telah menyelesaikan program belajar di tingkat pendidikan tertentu. Materi ujian dan pemeriksaan hasil ujian dilakukan tingkat oleh sekolah dengan menggunakan kriteria kelulusan dengan istilah "TAMAT" (bukan lulus/tidak lulus)
-
Ebta dan Ebtanas (1980-2002)
Ujian ini dilakukan untuk mendapatkan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB). Pada masa ini, bentuk soal pilihan ganda mulai diperkenalkan. Untuk bahan ujian Ebtanas disiapkan dari pemerintah, sementara bahan ujian Ebta disiapkan dari sekolah/daerah/wilayah.
-
Ujian Akhir Nasional (2003-2004)
Ujian ini bertujuan untuk menentukan kelulusan, memetakan kualitas pendidikan secara nasional, dan melakukan seleksi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. UAN 2003 menggunakan nilai minimal kelulusan adalah 3.01, sementara pada UAN 2004 nilai minimal kelulusannya 4.01. Nilai setiap mata pelajaran rata-rata minimalnya 6.00. Pada masa itu, ada ujian ulang bagi siswa yang tidak lulus.
-
Ujian Nasional (2005-2020)
Bertujuan untuk menentukan kelulusan, pemetaan mutu pendidikan nasional, seleksi ke jenjang lebih tinggi
-
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (2014-2020)
Menggunakan komputer sebagai media ujian
-
Asesmen Nasional (2021-saat ini)
Merupakan bentuk evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mengacu pada input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Pengukuran kualitas pendidikan dilakukan melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.