Lihat Semua : infografis

3 Bola Piala Dunia Buatan Indonesia


Dipublikasikan pada 1 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 3.807


Indonesiabaik.id - Bola resmi menjadi salah satu ciri khas yang hadir dan menjadi sorotan yang menarik dalam setiap edisi Piala Dunia. Namun, menentukan bola Piala Dunia ternyata tidak sembarangan

Sejumlah bola resmi piala dunia rupanya diproduksi di Indonesia bahkan bola buatan Indonesia pernah digunakan di beberapa edisi Piala Dunia diantaranya adalah Tricolore yang digunakan pada Piala Dunia Prancis 1998, Fevernova pada di Piala Dunia Jepang-Korea Selatan 2002, Teamgeist di Piala Dunia Jerman 2006, Jabulani di Piala Dunia Afrika Selatan 2010, dan Brazuca di Piala Dunia Brasil 2014.

Daftar Bola Piala Dunia Buatan Indonesia

  1. Tricolore

Bola pertama produk asli Indonesia bernama Adidas Tricolore yang resmi dipertandingkan pada Piala Dunia FIFA 1998 di Prancis. Bola ini dibuat langsung di Maroko dan Majalengka Indonesia. Tricolore menjadi bola berwarna pertama dalam kejuaraan internasional. Bola ini sudah berkualitas tinggi karena telah menggunakan lapisan busa sintetis pada lapisannya. 

  1. Brazuca

Brazuca merupakan bola kedua yang resmi dibuat untuk pertandingan Brasil 2014. Bola ini sudah berlisensi dari perusahaan apparel asal jerman. Salah satu perusahaan asal Indonesia yang mampu memasok bola untuk Piala Dunia 2014 adalah Sinjaraga Santika Sport.

  1. Al Rihla

Bola selanjutnya bernama Al Rihla yang menjadi bola resmi pada perhelatan Piala Dunia Qatar 2022. Seperti dikutip dari kemlu.go.id, Adidas mempercayai perusahaan Global Way Indonesia untuk memproduksi bola ini langsung di Madiun, Jawa Timur.

Al Rihla memiliki tiga paduan warna cerah dan berani pada kulit bola yaitu hitam, biru, dan merah. Desainnya berbentuk panel, terinspirasi dari perahu Dhow tradisional. Bola ini memiliki sejumlah kelebihan ssat di lapangan, yakni retensi bola terhadap udara yang bisa maksimal, tingkat akurasi, dan keandalan tertinggi di lapangan.



Infografis Terkait