Lihat Semua : infografis

3 Jenis Kopi Asal Papua Jadi Idola Dunia


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 717


Indonesiabaik.id - Berbicara tentang kopi, persebaran kopi kian meluas dan tidak hanya ada di Pulau Jawa saja. Saat ini, hampir di seluruh pulau di Indonesia memiliki jenis kopi tersendiri, tidak terkecuali, Papua. Namun, tahukah kamu tiga kopi asal papua ini menjadi idola dunia?

3 Kopi Papua Mendunia

  1. Kopi Amungme

Nama Kopi Amungme diambil dari nama suku yang mengelolanya yaitu, Suku Amungme. Kopi Amungme dibudidayakan di Lereng Gunung Jayawijaya, yang memiliki ketinggian diatas  1.200-2.000 mdpl. Kopi Amungme memiliki rasa yang sedikit asam, memiliki aroma manis yang khas, dan memiliki aftertest moka.

 

  1. Kopi Wamena

Nama Kopi Wamena juga didasarkan pada nama tempat produksinya yaitu, Wamena. Dibudidayakan di Lembah Baliem yang memiliki ketinggian 1.200-1.600 mdpl. Cita rasa yang diberikan oleh kopi ini adalah sedikit asam dengan nuansa coklat dan floral.

 

  1. Kopi Pegunungan Bintang

Kopi arabika Pegunungan Bintang ditanam di Pegunungan Bintang. Selain ditanam secara organik, biji kopi dipanen secara manual, hasil panen juga diproses secara manual dengan tangan manusia bukan mesin. Kopi Pegunungan Bintang memiliki rasa khas yaitu citrus, berry, jeruk, fruity, sweet chocolate, sugar cane dan peach.



Infografis Terkait