Lihat Semua : infografis

5 Jenis Ikan Langka di Lautan Indonesia


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Muhammad Marcellodiansyah / Desain : Andreas Anung Ardisinaga /   View : 2.478


indonesiabaik.id - Sebagai negara kepulauan dengan area laut yang luas, Indonesia kaya akan potensi kelautan dan perikanan. 

Selain itu, lautan Indonesia ternyata menjadi rumah bagi beberapa ikan langka di dunia loh, SohIB! Kelangkaan ikan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti penangkapan ikan secara berlebihan atau faktor biologis beberapa jenis ikan yang membuat beberapa jenis ikan terancam punah.

Ikan Langka

Jenis ikan langka apa saja yang ada di lautan Indonesia? Yuk simak lebih lengkapnya di bawah ini!

  1. Ikan Napoleon/Ikan Maming (Berau)

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) ikan yang bernama latin Cheilinius undulatus Ruppell menjadi salah satu ikan yang terancam punah. Kelangkaan ini disebabkan dari kondisi biologis pada ikan, sedikitnya dapat hidup 30 tahun dan hanya mengalami reproduksi seksual antara 5-7 tahun. Ikan ini sering ditemukan pada wilayah Laut Banda, Teluk Cendrawasih, Teluk Tomini, Teluk Telo, dan perairan Nias.

  1. Ikan Terubuk

Ikan ini hidup di permukaan pantai yang berpindah dari laut ke air tawar. Ikan yang bernama latin Tenualosa Macrura ini memiliki kadar kandungan garam yang tingi, sehingga mampu hidup di air laut, air tawar, maupun air payau dengan kisaran kedalaman 0 – 50 meter. Harganya yang tinggi untuk diekspor maupun dikonsumsi sehingga terdapat penangkapan yang berlebihan, membuat jenis ikan ini menjadi spesies yang terancam punah.

  1. Hiu Gedebong

Menurut data iuncredlist.org, ikan yang bernama latin Nebrius Ferrugineus ini berstatus sangat terancam punah. Ikan ini yang lebih dikenal di daerah Jawa dengan nama Hiu Bisu ini bentuknya cukup unik karena memiliki sirip ekor yang asimetris dengan panjang ekor mencapai sepertiga dari total panjang tubuhnya. 

  1. Hiu Gergaji

Pristis Microdon Latham atau Hiu Gergaji juga termasuk jenis ikan yang mulai langka dan terancam punah menurut data iuncredlist.org. Bentuk ikan ini sangat unik, mulutnya moncong sangat panjang dan datar seperti gergaji digunakan untuk membunuh mangsa bahkan bisa melukai manusia jika kurang berhati-hati. Selain itu, ikan ini juga memiliki sirip yang cukup banyak, daging dan siripnya serta kulit dan tulang rawannya memiliki harga yang sangat tinggi sehingga banyak diburu. 

  1. Hiu Paus

Ikan dengan nama latin Rhincodon Typus ini merupakan ikan terpanjang di dunia dengan panjang yang dapat mencapai 18 meter. Hiu Paus selalu bermigrasi baik secara individu maupun berkelompok pada perairan lepas bahkan sering ke perairan pantai dan banyak ditemukan di Samudera Hindia. Sirip dan daging yang dapat dikonsumsi dengan harga yang tinggi membuat ikan ini banyak diburu. Menurut data iuncredlist.org, ikan ini berstatus terancam punah.

 

Setelah mengetahui ikan langka dan terancam punah ini berada di Indonesia, kita perlu menjaga dan melestarikan lingkungan ya SohIB! Jadikan lautan Indonesia sebagai rumah yang nyaman bagi ikan-ikan langka ini supaya tetap terlestarikan kehidupannya.



Infografis Terkait