Lihat Semua : infografis

7 Provinsi Raih Indeks Demokrasi Tertinggi


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 976


Indonesiabaik.id   -   Tahukah kamu? Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) adalah indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. Klasifikasi tingkat demokrasi dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni “baik” (indeks > 80), “sedang” (indeks 60–80), dan “buruk” (indeks < 60).

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terpantau mencapai angka 74,92 dalam skala 0-100. Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu sebesar 72,39. Artinya capaian kinerja demokrasi Indonesia masih berada dalam skala sedang.

Provinsi dengan IDI Tertinggi

Jakarta menjadi provinsi paling demokratis di Indonesia. Pada 2019, skor Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Jakarta sebesar 88,29. Kalimantan Utara dan Kepulauan Riau menduduki posisi selanjutnya dengan IDI tertinggi di Indonesia.

Selain itu, Kalimantan Tengah menduduki posisi ke-empat dengan skor 81,16. Disusul oleh Nusa Tenggara Timur dan D.I. Yogyakarta sebesar 81,02 dan 80,67. Ketujuh provinsi tersebut merah Indeks Demokrasi Indonesia dengan tingkat baik.

Perlu kalian tahu, fluktuasi angka IDI adalah cerminan dinamika demokrasi di Indonesia. Sebagai sebuah alat ukur perkembangan demokrasi yang khas Indonesia. Jadi, dengan kondisi perubahan tersebut, tingkat demokrasi Indonesia sudah berada dalam kategori “sedang” loh! Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan demokrasi  untuk seluruh rakyat di Indonesia. Semangat demokrasi!



Infografis Terkait