Lihat Semua : infografis

Ask, Know dan Check Sebelum terima Obat


Dipublikasikan pada 9 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 249


Indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan mengingatkan keselamatan pasien merupakan prioritas utama dalam pelayanan kesehatan. Ini menjadi acuan utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima serta mencegah terjadinya cedera dan insiden pada pasien.

Karena itu, selalu lakukan “Ask, Know dan Check” sebelum memberikan dan menerima obat untuk memastikan mendapatkan obat yang benar sesuai dengan identitas pasien dan ketentuan penggunaannya

Apa Itu Ask, Know, Check?

Know yakni pahami obat dan efek sampingnya. Check, apakah pemberian obat sudah sesuai dengan 5 benar yaitu benar identitas pasien, benar nama obat, benar cara pemberian obat, benar dosisnya dan waktu pemberian obat.

Ask, tenaga kesehatan bertanya kepada pasien untuk memastikan pasien memahami penjelasan dan pengobatan yang diberikan, selain itu pasien juga bisa bertanya kepada tenaga kesehatan mengenai detail dari pengobatan yang akan diterima.

Karena itu, ketiga hal tersebut baiknya diimplementasikan dengan baik oleh seluruh pihak baik tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, pasien, keluarga, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan sebagai bentuk komitmen bersama untuk menempatkan kesehatan dan keselamatan pasien sebagai prioritas.

Kenapa Harus Ask, Know, Check?

Penggunaan yang tidak aman dan kesalahan dalam pemberian pengobatan merupakan salah satu penyebab cedera dan insiden keselamatan pasien yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius dan menelan biaya hingga 42 juta dollar setiap tahunnya. Pembiayaan tertinggi terjadi pada unit perawatan pasien lanjut usia, ruang perawatan intensif, perawatan bedah, dan pengobatan darurat.



Infografis Terkait