Lihat Semua : infografis

Atasi Pandemi, Warga Non-Jabodetabek juga Dapat Bantuan Tunai


Dipublikasikan pada 1 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 1.003


Indonesiabaik.id   -   Berbagai program bantuan diberikan oleh pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan sosial masyarakat selama pandemi COVID-19.

Presden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan sosial tunai atau bantuan langsung tunai kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di luar Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

Dia menyebut bansos tunai ini diberikan kepada 9 juta kepala keluarga (KK) yang tidak menerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) atau bansos sembako.

Rencananya, bansos tersebut akan diberikan kepada kurang lebih 10 juta keluarga penerima, dengan besaran Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan. Bansos ini disiapkan dengan anggaran Rp 21 triliun.

Penerima bantuan ini merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang di luar program bantuan PKH dan Kartu Sembako. Bantuan ini dinilai menjangkau hampir 50% kelompok terbawah lapisan masyarakat terdampak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji menyisir anggaran negara lebih lanjut dalam rangka penambahan dana bantuan sosial (bansos), dan upaya menyiapkan lapangan kerja bagi masyarakat melalui program padat karya.

Pemerintah, kata Jokowi juga meminta pengusaha berusaha kerja dalam kondisi saat ini dan sebisa mungkin tetap mempertahankan para pekerjanya.

Masyarakat diminta ikut peduli, terutama kepada mereka yang kurang mampu dalam masa sulit pandemi.



Infografis Terkait