Lihat Semua : infografis

Bagaimana Pengobatan untuk Pasien Konfirmasi MonkeyPox?


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.250


Indonesiabaik.id - Kasus cacar monyet pertama yang terkonfirmasi di Indonesia adalah seorang laki-laki berusia 27 tahun dari DKI Jakarta. Seperti diketahui, cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus monkeypox, di mana pasien yang mengalami penyakit ini akan mengalami demam hingga ruam kulit.

Pengobatan Monkeypox

Sampai saat ini pengobatan yang spesifik untuk monkeypox masih terbatas tahap pengembangan. Pengobatan lebih bersifat simptomatis dan suportif. Orang dengan monkeypox harus mengikuti saran dari fasilitas layanan kesehatan.

Penyakit dapat sembuh dan gejala dapat hilang dengan sendirinya. Penting bagi siapa pun yang terinfeksi monkeypox untuk minum air secara cukup, makan dengan baik, dan cukup tidur. Orang yang mengisolasi diri harus menjaga kesehatan mentalnya dengan melakukan hal-hal yang mereka anggap santai dan menyenangkan, tetap terhubung dengan orang yang dicintai menggunakan teknologi, berolahraga jika mereka merasa cukup sehat dan meminta dukungan kesehatan mental dari fasyankes setempat jika diperlukan.

Orang dengan monkeypox harus menghindari menggaruk kulit mereka dan merawat ruam mereka dengan membersihkan tangan mereka sebelum dan sesudah menyentuh lesi dan menjaga kulit tetap kering dan terbuka (kecuali jika mereka mau tidak mau berada di ruangan dengan orang lain, dalam hal ini mereka harus menutupinya dengan pakaian atau perban sampai mereka dapat mengisolasi lagi). Ruam dapat dijaga kebersihannya dengan air steril atau antiseptik.

Terdapat 2 obat yang dapat digunakan dalam penatalaksanaan Monkeypox:

  1. Antiviral Spesifik – tecovirimat ▪ Beberapa negara telah menyetujui tecovirimat (treatment untuk smallpox) sebagai pengobatan monkeypox. Namun, obat ini belum tersedia secara luas di semua negara
  2. Antiviral spesifik NIOCH-14

Vaksin Cacar Monyet

Vaksin yang digunakan pada program pemberantasan cacar (smallpox) juga terbukti memberikan perlindungan terhadap monkeypox. Saat ini, vaksin ACAM-200 dan MVA-BN telah didistribusikan ke beberapa negara dan diperuntukkan bagi kontak erat kasus konfirmasi.



Infografis Terkait