Lihat Semua : infografis

Bantuan Sosial Tambahan untuk Kurangi Tekanan


Dipublikasikan pada 21 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 861


indonesiabaik.id - Pemerintah kembali berikan tambahan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat guna mengurangi tekanan, hingga kemiskinan akibat pengaruh global.

Bisa Kurangi Tekanan di Masyarakat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat langsung dengan Jokowi di Istana Negara, menyampaikan kebijakan terbaru yang akan dilakukan.

Pemerintah kembali memberikan bantalan sosial tambahan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

Adanya bansos tambahan ini diharapkan bisa mengurangi tentu tekanan dan kemiskinan di masyarakat, apalagi akhir-akhir ini harus dihadapi tekanan kenaikan harga.

Jenis Bansos Tambahan

Bansos yang akan diberikan terdiri dari tiga jenis. Di antaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Perlinsos dari 2% Dana Transfer Umum.

  • BLT

Bansos ini diberikan kepada 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat, dengan total anggaran untuk bansos ini sebesar Rp12,4 triliun. Bantuan disalurkan oleh Kementerian Sosial sebesar Rp150 ribu selama empat kali.

  • BSU

Bansos ini diberikan kepada 16 juta pekerja dengan syarat gaji maksimal 3,5 juta per bulan. Adapun bantuan diberikan sebesar Rp600 ribu per orang. Total anggaran untuk bansos ini sebanyak Rp9,6 triliun.

  • Perlinsos 2% Dana Transfer Umum

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menerbitkan aturan dana 2% dari DAU dan DBH dialokasikan untuk bantuan subsidi kepada transportasi umum, hingga ojek dan nelayan. Adapun dana itu juga digunakan untuk perlindungan sosial tambahan di daerah.



Infografis Terkait