Lihat Semua : infografis

Beda Jaringan 4G dan 5G


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 37.273


indonesiabaik.id - Setelah 4G, kini jaringan 5G secara resmi meluncur secara terbatas di Indonesia pada Kamis (27/5/2021).

Mengenal Jaringan 5G

Telkomsel, menjadi operator pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G di Indonesia, setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Telkomsel sendiri mengklaim layanan 5G jauh lebih mumpuni dibanding 4G. Dari segi kecepatan, misalnya, kecepatan unduh (download) 5G bisa mencapai 20 Gbps, atau 20 kali lipat lebih cepat dibanding 4G yang mentok di 1 Gbps.

Lalu, 5G juga diklaim memiliki latency 1 ms (10 kali lebih rendah dari 4G) dan mampu menampung sekitar 1 juta perangkat dalam radius 1 km2, lebih banyak 10 kali lipat dari teknologi 4G

Perbedaan 4G dan 5G

Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya yatiu 4G. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi. Secara teknologi, jaringan ini merupakan evolusi dari teknologi seluler kita saat ini.

Melansir situs High Speed Internet, jaringan 4G adalah generasi keempat dari teknologi nirkabel dengan menggunakan menara radio untuk memberikan layanan telepon dan internet nirkabel ke perangkat seluler, menawarkan kecepatan lebih tinggi. Sementara jaringan 5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, 5G juga menghadirkan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan dan waktu respon yang lebih cepat

Jika melihat kapasitasnya, di lokasi yang lebih padat penduduknya, 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G, mencapai kecepatan rata-rata hampir 500 Mbps. Itu perbedaan yang sangat besar dibandingkan 4G yang kisarannya 30 Mbps. Pada kondisi biasa, 4G memiliki kecepatan maksimum mencapai 100 Mbps, sementara 5G mencapai 10 Gbps.

Melihat ketersediaannya, jaringan 4G tersedia cukup banyak di mana saja - kecuali untuk daerah terpencil dan komunitas pedesaan dengan akses seluler terbatas -- sementara jangkauan 5G untuk saat ini terbatas di kota-kota besar dan kecil.



Infografis Terkait