Lihat Semua : infografis

Beda Kode OTP dan PIN


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.968


Indonesiabaik.id - Saat membuat akun baru baik perbankan atau akun belanja online, terdapat permintaan kode tertentu untuk syarat pengaktifan akun. Kode tersebut bersifat rahasia dan dikenal sebagai One Time Password (OTP).

Apa Itu OTP?

OTP adalah kode password yang bersifat sementara yang dikirimkan melalui pesan singkat SMS, WhatsApp, maupun email. Kode OTP adalah biasanya memiliki masa berlaku singkat, yakni rentan antara 30 detik hingga 5 menit. 

Kode OTP adalah sarana keamanan yang dibuat pembuat aplikasi agar tidak disalahgunakan orang lain. Ini karena penerima kode OTP adalah pemilik nomor handpone atau email yang didaftarkan.

OTP dan PIN, Sama atau Beda?

OTP berbeda dengan password atau PIN. Pertama, OTP bersifat sementara, PIN bersifat permanen, kecuali pengguna melakukan penggantian kode PIN. Kedua, OTP dibuat oleh sistem, sedangkan PIN dan password dibuat sendiri oleh nasabah. 

Ketiga, perubahan kode OTP berdasarkan alogaritma sistem keamanan dan hanya berlaku sekali. Sementara PIN dan password diganti sendiri oleh nasabah dan bisa digunakan berkali-kali. Keempat, OTP akan sulit diketahui kombinasinya selain oleh nasabah yang menerima kode OTP tersebut. Sementara, PIN dan password akan lebih mudah diketahui oleh peretas.



Infografis Terkait