Lihat Semua : infografis

Bencana Alam di Indonesia Sepanjang 2020


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 127


Indonesiabaik.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa dalam kurun waktu tahun 2020 telah terjadi 2.925 kejadian bencana alam yang didominasi dengan bencana alam hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan hingga karhutla.

Data Bencana Sepanjang 2020

Berdasarkan rincian data bencana hidrometeorologi, kejadian banjir telah terjadi hingga sebanyak 1.065 kejadian di sepanjang tahun 2020. Kemudian bencana yang disebabkan oleh angin puting beliung telah terjadi sebanyak 873 dan tanah longsor 572 kejadian.

Sedangkan untuk jenis bencana geologi dan vulkanologi, kejadian bencana gempa bumi telah terjadi sebanyak 16 kali dan 7 kejadian untuk peristiwa erupsi gunungapi. Dari total keseluruhan kejadian di sepanjang tahun 2020, korban meninggal dunia akibat dampak bencana alam tersebut ada sebanyak 370 jiwa, 39 orang yang hilang dan 536 jiwa mengalami luka-luka.

Dengan melihat selama tahun 2020 terdapat 2.925 kejadian bencana di Indonesia yang mengakibatkan banyak korban jiwa serta pengungsi maupun kerusakan pada bangunan. Diharapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI menjadi cambuk bagi bangsa ini untuk lebih mempersiapkan diri lagi dari ancaman bencana serta masyarakat lebih singgap dalam menghadapi bencana.



Infografis Terkait