Lihat Semua : infografis

Berapa Kandungan Gula dalam Buah?


Dipublikasikan pada 25 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Muhammad Mulyadi /   View : 1.928


Indonesiabaik.id - Dalam sehari, seseorang dianjurkan untuk makan buah sebanyak 400 gram, dengan minimal 50 gram. Selain mengandung gula, buah juga kaya serat yang dapat membantu proses metabolisme.

Buah adalah sumber gula alami yang baik untuk tubuh. Tapi, kadar gula tiap buah bisa berbeda dan perlu diperhatikan. Gula alami dari buah tetap dapat meningkatkan kadar gula darah tubuh. Hanya saja, tidak secepat makanan manis olahan.

Berapa Kandungan Gula dalam Buah?

Anggur adalah buah dengan kandungan gula paling tinggi. 100 gram buah anggur mengandung 16 gram gula, setara dengan 4 sendok teh gula pasir.

Selain itu 100 gram, leci mengikuti anggur sebagai buah dengan kandungan gula yang tinggi. Setiap 100 gram leci, terdapat 15 gram fruktosa dan glukosa di dalamnya. Jumlah ini setara dengan 3,8 sendok teh gula pasir.

Buah delima dan mangga memiliki kadar gula yang sama tingginya. Sebanyak 100 gram-nya mengandung 14 gram gula, atau 3,4 sendok teh gula pasir. 

Buah ceri yang umumnya memiliki ukuran kecil dan berwarna merah ternyata juga mengandung gula yang cukup tinggi. Terdapat 13 gram fruktosa dan glukosa di dalam 100 gram ceri. Jumlah ini setara dengan 3,2 sendok teh gula pasir.

Selanjutnya, buah dengan kadar gula tinggi adalah pisang. Pada setiap 100 gram pisang, terdapat 12 gram gula di dalamnya. Pada urutan ketujuh, 100 gram markisa mengandung gula sebanyak 11 gram.



Infografis Terkait