Lihat Semua : infografis

Batas Konsumsi Gula, Garam, Lemak dalam Sehari


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 3.833


indonesiabaik.id - Konsumsi GGL (Gula, Garam dan Lemak) ternyata ada aturannya dan tak boleh sembarangan.

Batas Konsumsi GGL

Segala yang berlebihan termasuk mengonsumsi suatu makanan dan minuman sehari-hari tidaklah baik untuk kesehatan. Sebut saja zat gula, garam dan lemak yang jika dikonsumsi berlebih bisa memicu munculnya berbagai penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, stroke, ginjal bahkan gangguan saraf.

Dalam Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 diatur mengenai aturan konsumsi GGL yaitu terkait pencantuman informasi kandungan gula, garam dan lemak serta pesan kesehatan pada pangan siap saji dan pangan olahan. Anjuran konsumsi GGL ini cukup penting demi menghindari kelebihan konsumsi GGL maupun kekurangan konsumsi GGL

Menurut aturan, setiap orang dalam sehari dianjurkan mengonsumsi gula sebesar 10% dari total energi (200kkal), atau setara dengan gula 4 sendok makan atau 50 gram. Sedangkan anjuran konsumsi garam dalam sehari adalah 2000 mg natrium. Konsumsi garam tersebut sama dengan 1 sendok teh atau 5 gram.

Sementara itu, anjuran konsumsi lemak per orang konsumsinya 20-25% dari total energi (702 kkal). Konsumsi lemak tersebut sama dengan lemak 5 sendok makan atau 67 gram.

Beberapa penyakit yang mungkin muncul akibat mengabaikan anjuran konsumsi GGL adalah penyakit jantung, stroke, ginjal bahkan gangguan saraf. Tak hanya itu, yang lebih seram ialah diabetes dan tekanan darah tinggi. Dengan memperhatikan anjuran konsumsi GGL, maka kita bisa menciptakan gaya hidup yang lebih sehat bagi keluarga.



Infografis Terkait