Lihat Semua : infografis

Bisakah Sepak Bola Indonesia Tembus Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026?


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 767


Indonesiabaik.id - Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menjalani laga perebutan putaran ketiga melawan Filipina. Timnas Indonesia saat ini menempati posisi kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan 7 poin dari 5 laga.

Laga perebutan putaran ketiga melawan Filipina digelar pada Selasa, 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia pukul 19.30 WIB. Karenanya, ada beberapa skenario agar Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Skenario Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Menang atas Filipina 

Ini adalah syarat paling pasti untuk memastikan kelolosan Timnas Indonesia tanpa bergantung dari hasil pertandingan lain. Indonesia akan mengoleksi 10 poin dan tidak bisa dikejar oleh Vietnam yang maksimal meraup 9 angka jika menang atas Irak.

2. Imbang Lawan Filipina 

Jika Indonesia imbang melawan Filipina, Garuda harus berharap Vietnam tidak menang atas Irak pada laga terakhir. Tambahan 1 poin dari hasil imbang membuat nilai Indonesia jadi 8. Jika Vietnam menang poin mereka adalah 9.

3. Kalah dari Filipina 

Indonesia berada di ujung tanduk jika kalah dari Filipina. Pasalnya posisi Indonesia akan tergusur ke posisi 3. Dengan poin 7, Indonesia bisa dilewati oleh Vietnam jika menang atas Irak. Sementara jika Vietnam imbang maka akan ada 2 tim dengan poin sama yakni 7.

Tapi, Bagaimana Cara Lolos ke Piala Dunia 2026?

  • Penentuan lolos tidaknya ke Piala Dunia ditentukan pada Putaran Ketiga.

  • Juara dan runner-up masing-masing grup di Putaran Ketiga akan lolos otomatis.

Peringkat 3 dan 4 masing-masing grup di Putaran Ketiga akan menjalani putaran berikutnya (Putaran 4, 5, atau bahkan Playoff Antarkonfederasi)



Infografis Terkait