Lihat Semua : infografis

Bromo Tengger Semeru, Wisata Unik Lautan Pasir Vulkanik

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 324


Indonesiabaik.idBromo Tengger Semeru merupakan konservasi yang menjadi salah satu wisata alam Indonesia  yang masuk dalam 10 destinasi prioritas. Keunikan ekosistem dan keindahan panorama alam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menjadikan kawasan ini salah satu daerah tujuan wisata andalan Jawa Timur, bahkan nasional.

Fakta Unik Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meliputi area seluas 800 km persegi. Mengunjungi TNBTS bisa melihat gumpalan asap keluar dari Gunung Semeru,  gunung api aktif yang berada 3676 meter di atas permukaan laut (dpl). Kaldera di taman ini merupakan yang terluas di pulau Jawa, dengan padang pasir tandus seluas 10 km.

Sedangkan daerah Tengger di TNBTS yang berpasir telah dilindungi sejak tahun 1919. Diyakini sebagai satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia, dan mungkin di dunia yang memiliki pasir laut yang unik sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa gunung di dalam kaldera Bromo.

Kawasan Bromo Tengger Semeru ditetapkan sebagai taman nasional antara lain karena memiliki ekosistem unik berupa kaldera di dalam kaldera berupa gunung berapi aktif (Gunung Bromo) di dalam kaldera Gunung Tengger dengan laut pasir vulkanik di sekitarnya.

Sementara itu di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat setidaknya 38 jenis satwa liar yang dilindungi yang terdiri dari 24 jenis burung, 11 jenis mamalia, 1 jenis reptil, dan 2 jenis serangga. Diantara beberapa jenis hewan yang langka dan terancam punah ialah Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Macan Tutul Jawa (Panthera pardus), dan Lutung Jawa (Trachypithecus auratus).

Di kawasan ini terdapat 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka, di antaranya yaitu Malaxis purpureonervosa (endemik Semeru Selatan) dan Habenaria tosariensis (endemik TNBTS). Sementara itu Macodes pentola merupakan jenis anggrek yang dilindungi Undang-undang.



Infografis Terkait