Lihat Semua : infografis

BSU Gagal Tersalurkan karena Rekening Bermasalah, Gimana Ya?


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.288


Indonesiabaik.id - Penyaluran dana bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji 2022 telah memasuki tahap ketiga yang disalurkan ke rekening masing-masing penerima.  Apabila saat melakukan cek BSU 2022 pekerja terdaftar sebagai penerima, tetapi tidak kunjung tersalurkan, kemungkinan karena ditemukan rekening sudah tidak aktif lagi atau tidak valid.

Solusi BSU Gagal Tersalurkan Gara-gara Rekening Bermasalah

Pekerja atau buruh yang mengalami permasalahan seperti ini, dapat menyampaikan pemutakhiran atau perbaikan data rekening melalui HRD perusahaan. Calon penerima bisa menghubungi HRD perusahaan untuk memperbaiki dan meng-update nomor rekening terkini jika nomor rekening tersebut sudah tidak valid dan tidak digunakan.

Nantinya, pihak HRD di perusahaan terkait akan menyampaikan data tersebut ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, apabila pembaruan data tersebut tidak bisa dilakukan, pekerja yang memenuhi syarat BSU tetap akan menerima dana BSU yang akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Selain melalui HRD perusahaan yang bersangkutan, pekerja juga bisa melakukan perubahan data dengan cara mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan setempat. Nantinya, perubahan data itu akan dikirimkan kembali oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker untuk proses pencairan.

Kemudian, Kemnaker akan melakukan verifikasi dan validasi. Apabila data yang tidak memenuhi syarat yang diatur dalam Permenaker Nomor 10 Tahun 2022, maka Kemnaker tidak akan memproses percairan dana.



Infografis Terkait