Lihat Semua : infografis

Cacar Monyet Masuk Indonesia


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 732


indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan (kemenkes) mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Indonesia.

Masuk Indonesia

Kementerian Kesehatan memastikan satu warga negara Indonesia terkonfirmasi menderita monkeypox (cacar monyet) merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun,

Adapun riwayat perjalanannya yaitu ke Belanda, Swiss, Belgia, dan Perancis sebelum tertular.

Kemenkes menyebut, saat ini pasien dalam keadaan baik atau dalam kondisi tidak sakit berat, terdapat cacar atau ruam-ruam di wajah, telapak tangan, dan kaki. Tak hanya itu, Kemenkes menyebut bahwa pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, namun cukup isolasi mandiri.

Konfirmasi kasus monkeypox pertama di Indonesia ini telah ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes untuk melakukan surveilans kepada masyarakat atau kontak erat dari pasien.

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kemenkes sudah melakukan pemantauan intensif di seluruh pintu masuk Indonesia, baik dari udara, laut, maupun darat yang berhubungan langsung kepada negara-negara yang sudah melaporkan adanya kasus monkeypox.

Riwayat Perjalanan

Berdasarkan penelusuran, pasien berpergian ke luar negeri antara tanggal 22 Juli hingga tiba kembali di Jakarta pada 8 Agustus 2022.

Kemudian, pasien mulai mengalami gejala awal monkeypox di tanggal 11 Agustus 2022. Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien masuk ke salah satu rumah sakit milik Kemenkes pada tanggal 18 Agustus dan hasil tes PCR pasien terkonfirmasi positif pada malam hari tanggal 19 Agustus.



Infografis Terkait