Lihat Semua : infografis

Cara Cek Aplikasi dan Platform yang Terdaftar PSE Kominfo


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 3.577


Indonesiabaik.id - Sejumlah aplikasi atau situs lokal dan internasional telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Masyarakat sejatinya bisa mengecek aplikasi atau situs yang sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Cara Cek PSE Terdaftar

  1. Buka halaman PSE Kominfo di link berikut pse.kominfo.go.id/home
  2. Ada dua pilihan untuk mengeceknya, yaitu 'daftar PSE Domestik' dan 'Daftar PSE Asing'. Pilih salah satu yang ingin dicek
  3. Jika sudah dipilih, situs akan menampilkan halaman sistem elektronik yang sudah terdaftar
  4. Cari di halaman demi halaman, aplikasi yang hendak dicek keabsahanya
  5. Jika hendak mengecek aplikasi atau situs yang diblokir sementara, bisa masuk ke halaman 'SE Dihentikan Sementara'

Sebagai informasi, pendaftaran PSE telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 dan Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2020. Dalam Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020), setiap platform digital atau PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat wajib mendaftarkan layanannya ke Kominfo.

Pendaftaran PSE ke Kominfo dilakukan melalui sistem Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA). Bila tak daftar, PSE bisa mendapat sanksi administratif, berupa surat teguran hingga yang terberat adalah pemblokiran akses layanan.



Infografis Terkait