Lihat Semua : infografis

Cegah Dehidrasi Saat Puasa


Dipublikasikan pada 24 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 325


indonesiabaik.id - Kurang asupan cairan saat berpuasa bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi alias kekurangan cairan.

Kebutuhan Cairan Saat Berpuasa

Seperti yang kita ketahui ya SohIB, berpuasa berarti tidak makan maupun minum selama lebih dari 12 jam. Sementara, tubuh tetap beraktivitas dan membutuhkan asupan cairan. Hal ini karena manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih. Jika tidak terpenuhi, maka bisa berdampak pada kekurangan cairan tubuh yang ditandai dengan bibir dan kulit kering, pusing, lemas, sakit kepala, serta urine berwarna gelap.

Lantas bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap terpenuhi cairan? Jawabannya ialah minum air putih yang cukup dengan pembagian waktu yang tepat saat sebelum dan sesudah puasa.

Rumus 2-4-2

SohIB bisa mencoba menerapkan aturan minum air 2-4-2, yaitu pembagian waktu minum air putih selama sebelum dan sesudah waktu puasa.

  • 2 gelas saat berbuka

Ketika berbuka puasa, pastikan SohIB minum air putih setidaknya dua gelas air putih atau lebih secara berkala ya.

  • 4 gelas saat makan malam

Minumlah 4 gelas air putih pada malam hari dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur.

  • 2 gelas saat sahur

SohIB bisa membaginya dengan satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur.

Makanan dan Minuman yang Dihindari

Setelah seharian berpuasa, biasanya keinginan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa manis, berminyak, pedas hingga berkafein akan meningkat, maka dari itu penting untuk mengetahui batas normalnya ya SohIB.

Perlu diingat, sebaiknya hindari minuman yang menggunakan pemanis buatan dan berkafein. Minuman dengan kadar gula tinggi menyebabkan sumber kenaikan berat badan dan pemicu berbagai penyakit jika dikonsumsi berlebihan.  Sementara kopi mengandung kafein yang bisa membuat kurang terhidrasi sehingga rasa haus akan terus terasa saat berpuasa.

Sementara makanan berminyak secara berlebihan tidak baik jika dikonsumsi ya SohIB. Makanan berminyak biasanya mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Sedangkan makanan pedas juga perlu dihindari, sebab makanan pedas yang dikonsumsi saat perut kosong setelah berpuasa seharian berisiko menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti asam lambung, gastritis akut, hingga memperparah gejala sakit magh.



Infografis Terkait