Lihat Semua : infografis

Cermat Menggunakan KIP


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Gemawan Dwi Putra / Desain : - /   View : 2.593


Kartu Indonesia Pintar (KIP) elektronik atau KIP Plus berfungsi sebagai kartu identitas penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan alat pembayaran.

Terdapat dua kantung dana dalam KIP Plus, yaitu dana bantuan pendidikan PIP dan tabungan simpanan pelajar (Simpel). Lima puluh persen dana yang terdapat pada kantung dana bantuan PIP dapat digunakan untuk membayar belanja keperluan sekolah dengan transaksi non tunai di merchant yang ditunjuk oleh bank ataupun di koperasi sekolah yang memiliki fasilitas mesin Electronic Data Capture (EDC). Sedangkan, sisanya dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan siswa seperti biaya transportasi.

Jika cermat menggunakan dana yang ada di KIP Plus, kamu bisa memiliki tabungan untuk kebutuhan sekolah yang butuh biaya besar seperti membeli laptop atau yang lain.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016 telah melakukan pengujian penggunaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) elektronik atau KIP Plus di beberapa daerah.  Penyaluran KIP Plus ini bekerja sama dengan dua bank, yakni BNI dan BRI.



Infografis Terkait