Lihat Semua : infografis

Danau, Potensi Besar Indonesia


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Gemawan Dwi Putra /   View : 4.017


Indonesiabaik.id - Indonesia adalah negara dengan kekayaan dan keindahan alam luar biasa, salah satunya adalah danau yang tersebar di berbagai pulau di Nusantara. Selain sebagai sumber air minum dan sumber air untuk keperluan sehari-hari, danau juga dimanfaatkan sebagai sumber air baku industri, sarana transportasi air, energi, irigasi, pariwisata, serta sumber protein dari usaha perikanan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019, terdapat target pemulihan 15 danau prioritas, yakni Danau Rawapening di Jawa Tengah, Rawa Danau di Banten, Danau Batur di Bali, Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Kerinci di Jambi, Danau Maninjau dan Danau Singkarak di Sumatera Barat, Danau Poso di Sulawesi Tengah, Danau Cascade Mahakam-Semayang, Danau Melintang dan Danau Tondano di Sulawesi Utara, Danau Tempe dan Danau Matano di Sulawesi Selatan, Danau Limboto di Gorontalo, Danau Sentarum di Kalimantan Barat, Danau Jempang di Kalimantan Timur, dan Danau Sentani di Papua.

Dalam upaya memperbaiki kualitas danau-danau tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan penanaman 1,1 juta pohon pada areal seluas 98 ribu ha di sekitaran Danau Toba, pengendalian keramba jaring apung, membangun IPAL dan monitoring online baku mutu air danau.

Secara total, Indonesia memiliki 840 danau dengan tipologi yang sangat bervariasi. Sebagian besar danau di Indonesia merupakan danau alami. Luas seluruh danau mencapai 7.103 kilometer persegi. Danau-danau tersebut tersebar di Sumatera (170 danau dengan jumlah luas maksimum 3.700 kilometer persegi). Kemudian di Kalimantan (139 danau dengan luas maksimum 1.142 kilometer persegi) , di Jawa dan Bali (31 danau/62 kilometer persegi), di Sulawesi (30 danau/1.599 kilometer persegi) , serta di Papua (127 danau/lebih dari 600 kilometer persegi).



Infografis Terkait