Lihat Semua : infografis

Donor Darah, Bantu Sesama Selamatkan Nyawa


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 548


Indonesiabaik.id - Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Tidak hanya itu, donor darah di Indonesia diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 2/2011 tentang pelayanan donor darah.

Kebutuhan Darah dan Jumlah Golongan Darah

Setiap tahunnya, PMI menargetkan 4,5 juta kantong darah. Menurut Kementerian Kesehatan ketersediaan darah untuk donor secara ideal adalah 2,5% dari jumlah penduduk sehingga untuk Indonesia dibutuhkan darah sebanyak 4,9 juta kantong darah.

Tercatat sebanyak 7.926.326 jiwa memiliki golongan darah A; 8.036.227 bergolongan darah B; sebanyak 3.175.187 bergolongan darah AB. Selanjutnya sebanyak 16.878.049 penduduk memiliki golongan darah O

Kenapa Harus Donor Darah?

Donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia. Karena setetes darahmu, sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin donor darah bagi kesehatan yang harus diketahui, diantaranya adalah:

  1. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius

Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Untuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.



Infografis Terkait