Lihat Semua : infografis

Donor Darah dari Orang yang Sudah Divaksin, AMAN!


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 141


Indonesiabaik.id - Belum lama ini, masyarakat dihebohkan dengan sebuah video di media sosial yang menyatakan bahwa menerima donor darah dari orang yang telah divaksin Covid-19.

Benarkah donor darah dari penerima vaksin COVID-19 berbahaya?

Menurut Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, darah dari donor yang sudah menerima vaksin Covid-19 tidak berbahaya. Seseorang yang telah disuntik vaksin Covid-19 dapat melakukan donor darah setelah 14 hari usai vaksinasi.

Pemberian waktu selama 14 hari itu dilakukan untuk memberikan jeda dan mengedepankan kehati-hatian dan sebagai penjaminan agar tidak ada kejadian ikutan pasca-imunisasi yang berdampak pada orang yang divaksin COVID-19.

Terakhir, hal yang penting untuk diperhatikan ketika hendak menerima atau mendonorkan darah bagi orang yang sudah divaksin Covid-19 adalah waktu pendonoran, sebab jeda waktu donor darah setelah divaksin tergantung jenis vaksin yang diterima. Penyintas COVID-19 juga dapat melakukan donor darah dengan jarak sebulan setelah dinyatakan sembuh.



Infografis Terkait