Lihat Semua : infografis

Empat Poin Usulan Indonesia: Strategi Pengelolaan Air Dunia


Dipublikasikan pada 29 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 644


indonesiabaik.id - Isu pengelolaan air di dunia menjadi fokus pembahasan World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali pada 18-25 Mei 2024.   Ada empat poin usulan yang didorong Indonesia sebagai tuan rumah untuk disepakati menjadi Ministerial Declaration pada perhelatan World Water Forum Ke-10 di Bali.

Strategi Pengelolaan Air Dunia

Sebagai informasi, mekanisme pertemuan World Water Forum ke-10 terbagi dalam tiga proses yang saling berkaitan satu sama lainnya, yaitu proses politik, proses tematik, dan proses regional. Seluruh proses tersebut diharapkan dapat menghasilkan sebuah kesepakatan bersama atau Ministerial Declaration (MD) terkait isu pengelolaan air di dunia.

Pertama, penetapan World Lake Day (WLD) atau Hari Danau Sedunia karena danau merupakan salah satu sumber air baku, energi, dan pengendali banjir. Kemudian, ada Center of Excellence on Water and Climate Resilience melalui concept note yang fokus pada aspek kerja sama riset dan pertukaran data.

Ketiga, pada pembahasan Water Management for Small Islands, Indonesia mendorong penguatan kapasitas pulau terluar dalam memproduksi air bersih dan terakhir pencatatan daftar proyek air sebagai Compendium of Concrete Deliverables and Actions yang bersifat inklusif tetapi sukarela. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai penyelenggaraan World Water Forum ke-10? Yuk baca Worldwaterforumpedia yang dapat diakses melalui s.id/worldwaterforumpedia dan worldwaterforum.org. 



Infografis Terkait