Lihat Semua : infografis

Fenomena Long Covid-19, Dampak Jangka Panjang Penyintas Covid-19


Dipublikasikan pada one year ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 7.488


Indonesibaik.id   -   Pandemi Covid-19 belum usai, namun masyarakat dikejutkan dengan kehadiran fenomena Long Covid-19. Kejadian itu pun diketahui paling banyak menyerang pasien dengan gejala ringan. 

Apakah Long Covid-19 sama dengan Covid-19?

Fenomena long covid-19 yang terjadi pada pasien terkonfirmasi positif PCR (terinfeksi Covid) adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19. Long Covid-19 ini biasanya terjadi pada pasien dengan keluhan yang ringan atau mild symptoms (gejala ringan) 

Istilah long covid-19 atau post acute Covid-19 adalah suatu gejala yang masih dialami seseorang, baik yang dialami penyintas Covid-19 maupun pasien yang masih mengalami gejala-gejala seperti saat terinfeksi Covid-19.

Gejala Long Covid-19

  1. Gejala fisik long covid 

Gejala yang dialami pasien long covid sama seperti variasi gejala Covid-19 seperti rasa lelah berlebihan, gangguan napas, nyeri sendi, dan nyeri dada.  Adapun gejala yang paling umum terjadi selama long covid yakni: 

  • Sakit kepala 

  • Myalgia atau nyeri otot 

  • Pegal-pegal, dan lagi sebagainya

 

  1. Gejala psikis dari long covid 

Ternyata, selain gejala umum dari fisik yang bisa terjadi selama long covid, terdapat laporan bahwa adanya gangguan psikis para pasien setelah terinfeksi Covid-19. Dampak akibat long covid sudah tentu menyebabkan gangguan pada kualitas hidup seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya akibat gangguan secara fisik dan psikis oleh Covid-19



Infografis Terkait