Lihat Semua : infografis

Hal Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 3.700


Indonesiabaik.id   -   Dari banyak keindahan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, ternyata menyumbang hal besar bagi Indonesia. Mulai dari alam, budaya hingga keadaan lingkungannya Indonesia punya peranan penting bagi dunia. Ada 7 hal yang dimiliki Indonesia dan ternyata menduduki posisi besar di dunia.

  1. Jadi Tuan Rumah Kadal Terbesar di Dunia

Komodo hanya bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu rumah terbesarnya adalah di Nusa Tenggara Timur.

  1. Prosesi Pemakaman Termahal dan Terbesar di Dunia

Rambu Solo di Toraja, merupakan upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga almarhum membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi.

Biaya yang tinggi untuk pemakaman disebabkan oleh banyaknya kerbau dan babi yang dikorbankan, dan lamanya upacara dilaksanakan. Biaya yang besar dalam upacara rambu solo adalah untuk melakukan pengorbanan utama berupa penyembelihan kerbau belang atau tedong bonga. Selain mengorbankan kerbau belang, upacara rambu solo juga mengorbankan kerbau biasa dan babi yang jumlanya mencapai ratusan ekor bahkan ribuan ekor. Sehingga keseluruhan biayanya dapat mencapai milyaran rupiah[3

  1. Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Sebanyak 25% dari total hutan bakau dunia ada di Indonesia. Adapun luas hutan bakau milik Indonesia mencapai 2,5-4,5 juta hektar.

  1. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau vulkanik akibat letusan Gunung Toba atau disebut Danau Toba inilah yang terbesar di dunia. Gunung Toba tercatat meletus sebanyak tiga kali pada 800.000 tahun yang lalu, 500.000 tahun yang lalu, dan 73.000 tahun yang lalu. Selain itu, Kaldera Toba itu sendiri telah diakui UNESCO Global Park beberapa waktu yang lalu. 

  1. Kota Metropolitan Terbesar di Dunia

Jakarta, menjadi kota metropolitan yang berkontribusi terhadap 11% populasi negara secara internasional. Jakarta menjadi kota terbesar di Asia Tenggara dan terbesar di dunia setelah Tokyo.

  1. Jumlah Bahasa Terbanyak di Dunia

Indonesia menduduki posisi jumlah bahasa terbanyak ke-2 di dunia setelah Papua Nugini. Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia mencatat Indonesia memiliki 773 bahasa dari 2.425 daerah pengamatan.

  1. Punya 3 dari 10 Pulau Terbesar di Dunia

Papua, peringkat terbesar ke-2 di dunia. Papua memiliki panjang 2.400 kilometer dari barat laut ke timur tenggara dan memiliki lebar 650 kilometer dari utara ke selatan. Sedangkan untuk luas pulaunya adalah 821.500 kilometer. Selanjutnya, Kalimantan, pulau ke-3 terbesar di dunia setelah Greenland dan New Guinea (Papua), dengan luas pulau 755.000 kilometer persegi. Kemudian Sumatera, pulau terbesar ke-6 di dunia dengan luas 480.793 kilometer persegi.



Infografis Terkait